Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 06 Juni 2012

Via Live Streaming, Bisa Terlihat Transit Venus Juni 2012

 

HEADLINE - Peristiwa alam langka akan terjadi pada Rabu 6 Juni 2012 pagi. Saat itu, Planet Venus akan melintas tepat di antara bumi dan matahari.

Untuk melihat fenomena alam langka ini, masyarakat tidak perlu susah-susah. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan menyediakan video streaming fenomena ini. Atau kalau pengen gampang, browse aja di Space.com


LAPAN pun telah menyiapkan pengamatan transit Venus tersebut dari Biak, Papua Barat. "Saat ini peneliti bidang Mataharai dan Antariksa LAPAN sedang melakukan pengamatan transit Venus di LAPAN Biak pada 5-6 Juni 2012," kata Kepala Bagian Humas Elly Kuntjahyowati dalam keterangan yang diterima VIVAnews, Selasa malam 5 Juni 2012.

Selain di Biak, LAPAN juga akan melakukan pengamatan transit Venus dari Sumedang, Jawa Barat. "Pengamatan transit akan dimulai besok pagi pukul 05.00 sampai dengan 11.00 WIB dan dapat dilihat melalui streaming venus di swm.bdg.lapan.go.id atau swm.dirgantara-lapan.or.id," kata Elly. "Pengamatan akan kami lakukan terus menerus."

Transit Venus adalah peristiwa saat Planet Venus melintas tepat diantara Bumi dan Matahari. Peristiwa transit Venus yang terakhir terjadi pada tahun 2004 dan akan terjadi lagi pada bulan Desember 2117 dan Desember 2125.

Untuk transit Venus pada tanggal 6 Juni 2012 di wilayah Indonesia bagian Barat (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, NTB) dimulai pukul 05.00 WIB sehingga hanya dapat diamati sebagian saat planet Venus telah melintas di tengah piringan matahari. Untuk wilayah Indonesia Timur (Sulawesi, Maluku, Papua, NTT) mulai pukul 07.00 WIT sehingga proses Transit Venus dapat diamati seluruhnya.

0 komentar:

Posting Komentar