Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Kamis, 14 Juni 2012

Astaga...Beberapa Musisi Ini Diduga Menjiplak Lagu

SELEBRITI - Belum selesai masalah lagu Iwak Peyek yang dipopulerkan oleh Trio Macan dituding menjiplak lagu dari grup band Cock Sparer yang berjudul Take Em All, kini muncul lagi Cherry Belle yang diberitakan menjiplak reffrain lagu Kissing You milik SNSD untuk lagunya yang berjudul Best Friend Forever. Kabarnya hal ini membuat grup SNSD berang dengan apa yang dilakukan oleh Cherry Belle.

Penjiplakan lagu di Indonesia sepertinya sudah ada sejak dulu. Bahkan raja dangdut Rhoma Irama pun menjiplak secara mentah lagu-lagu milik Deep Purple. Namun Rhoma tak mengelak dan dia mengatakan jika di tahun 70an dia memang terpengaruh dengan lagu-lagu milik Deep Purple.
Dan ternyata ketika ditelusuri banyak musisi Indonesia yang secara tidak langsung mengambil berbagai part musisi lain untuk lagunya. Berikut musisi yang terindikasi menjiplak atau lagunya mirip dengan musisi mancanegara:
The Changcuters - Pria Idaman Wanita
Nada di lagu ini mirip dengan lagu milik Not Fade Away milik Rolling Stones. Namun di lagu The Changcuters ada beberapa part yang diganti, namun secara keseluruhan sama.
Aura Kasih - Mari Bercinta
Nama si seksi Aura Kasih melejit lewat single Mari Bercinta, Sayangnya single ini dituduh menjiplak lagu Give It To You yang dinyanyikan oleh Eve feat Sean Paul.
d Masiv
Grup band satu ini memang terkenal dengan lagunya yang melankolis. Namun siapa sangka jika banyak karyanya yang menjiplak musisi lain. Tercatat ada 7 lagu yang memiliki kemiripan dengan musisi mancanegara. Berikut list lagu yang diduga mirip:
- Lukaku mirip dengan Incubus - Drive
- Cinta Ini Membunuhku mirip dengan My Chemical Romance - I Dont Love You
- Dan kamu - mirip dengan Switchfoot - Head Over Heels
- Cinta Sampai Di Sini mirip dengan Lifehouse - Into The Sun
- Tak Pernah Rela mirip dengan Keane - Is It Any Wonder
- Sebelah Mata mirip dengan Fall Out Boy - The Take Over, The Breaks Over
- Dilema mirip dengan Muse - Soldiers Poem
- Diam Tanpa Kata mirip dengan Switchfoot - Awakening
Hello Band
Sama dengan D Masiv, karya-karya dari Hello Band juga diduga meniru karya-karya dari Maroon 5. tercatat ada 3 lagu yang sama mirip yaitu Pejuang Cinta mirip dengan Makes Me Wonder, Nuansa Kota mirip dengan This Love dan Can't Stop dan Perpisahan Ini mirip dengan Nothing Last Forever.
Joeniar Arief
Lagu Rapuh ini memang sangat enak untuk didengar dan pasti akan membuat hati kita meleleh saat mendengarnya. namun ternyata lagu ini sangat mirip dengan Bleeding Love yang dinyanyikan oleh Leona Lewis.
Princess
Selain Cherry Belle yang berurusan dengan SNSD, kini ada Princess yang diduga karyanya mirip dengan girlband lain. Girlband besutan Kevin Aprillio ini dengan singlenya Jangan Pergi mirip dengan Everyday, Kachuusa milik AKB 48 serta lagu Wonder Boy milik After School.
Saint Loco
Single Microphone Anthem membuat Saint Loco dibattle oleh para rapper yang menuduhnya menjiplak. Pasalnya lagu ini sendiri mirip dengan Me, Myself and Microphone milik RUN DMC. Namun Saint Loco mengaku jika dia memang terinspirasi lagu tersebut dan membuat semacam tribute dengan gayanya sendiri untuk rapper kawakan asal New York itu.
Ahamd Dhani
Jika Surga dan Neraka yang dinyanyikan oleh Ahmad Dhani dengan almarhum Chrisye adalah single yang sangat epic, baik dari segi lirik dan musik. Sayangnya musik lagu memiliki kemiripan dengan karya musisi lain. adalah Portishead dengan lagunya Glory Box yang sama mirip dengan lagu penyanyi yang baru saja berulang tahun ke-40 ini.
Ternyata masih banyak musisi yang lagunya memiliki kesamaan dengan penyanyi mancanegara. Entah terinspirasi atau ada cerita lain dengan kemiripan ini, namun jika kemiripannya sangat persis, yang pasti hal tersebut tidak keren sama sekali.
Sayang sekali jika industri musik Indonesia yang sudah berjalan lama ini tidak memiliki sebuah karya yang orisinil dan hanya untuk memburu hits saja. Maju terus musik Indonesia dengan karya yang lebih bagus. (kpl/faj)

0 komentar:

Posting Komentar